Mari kita lanjutkan dengan Pembuatan Gundam RX-78-2 menggunakan tutorial 3dsmax. Kali ini ane akan menunjukkan cara untuk membuat tubuh. Tutorial ini cukup kompleks, tapi sederhana dibandingkan dengan Gundam RX-78-2 Modeling kepala gundam. Jika ente belum mencoba tutorial kepala Gundam, ane sarankan Anda lihat pertama. Ente akan membuat tubuh Gundam menggunakan teknik Box Modeling. Ini semua dimulai dengan sebuah kotak.
wokeh silakan cekidot...!!!
donlod dulu gambar blue printnya kita akan jimplah pake' ini sama kaya' buat kepala gundam sebelumnnya.
1. Posisikan blue printnya seperti gambar di bawah ini dengan menggunakan plane.
2. Di Front viewport, buat kotak dengan segmen 4x1 seperti gambar di bawah ini. Klik kanan dan pilih Convert To> Convert To Editable Poly. Terapkan material (tekan tombol M) untuk kotak ini. Ane menggunakan warna hijau sederhana dan menurunkan nilai Opacity menjadi 50%. Jadi ane bisa melihat cetak biru di belakang. Hidupkant Smooth and Highlight (F3) atau Smooth and Highlight (F4) di Depan, Kiri dan Perspektif viewport.
3. Pada tab Modify, aktifkan seleksi Vertex. Di Depan pilih viewport titik di empat wilayah menggunakan daerah / jendela pilihan seperti gambar di bawah ini. Gunakan Select And Uniform Scale , gerakkan titik lebih dekat ke titik pusat dengan mengklik dan seret sepanjang sumbu X. Lihat gambar di bawah ini.
4. Ubah menjadi Polygon. Pilih poligon di wajah atas dan depan, kemudian extrude . Catatan: Untuk memilih poligon lebih dari satu, tahan Ctrl sambil memilih.
5. Ubah ke seleksi Vertex. Pindahkan titik seperti gambar di bawah ini. Sesuai cetak biru di belakang.
6. Ubah ke Polygon lagi. Pilih semua poligon di daerah bawah kotak. Terapkan Bevel empat kali. Perhatikan bahwa bevel pertama dan ketiga dibuat dengan jumlah sedikit....
7. Aktifkan seleksi Vertex. Ubah posisi titik berdasarkan cetak biru di belakang.
8. Bagian pertama dari tutorial pemodelan tubuh Gundam selesai. Gambar di bawah ini menunjukkan bentuk tubuh Gundam dasar. Langkah selanjutnya adalah memodifikasi bentuk tubuh dasar.
Mendetailkan Bagian perut Dan Leher
9. Pilih poligon di daerah perut (lihat gambar di bawah). Terapkan Extrude.
10. Ubah seleksi ke Vertex. Pindahkan titik seperti gambar di bawah ini.
11. Kembali ke seleksi Polygon.
A. Pilih poligon di daerah perut.
B. Pada viewport Front gunakan Select And Uniform Scale tarik sepanjang sumbu X untuk melebarkan poligon .
C. Di rollout,Edit Polygons klik tombol Inset. Klik dan tarik di poligon yg dipilih untuk Inset sedikit.
D. Kemudian Extrude.
12. Ubah ke seleksi Edge. Pilih sisi horisontal seperti gambar kiri bawah. Pada Left viewport, pindahkan sisi yang dipilih ke kiri (bagian dalam). Gambar kanan bawah menunjukkan hasilnya.
13. Selanjutnya, kita akan menyesuaikan area leher. Pilih poligon di daerah dada, dan klik Inset. Gunakan Select And Uniform di sumbu X dan Y untuk menyesuaikan bentuk poligon (gambar kanan).
14. Aktifkan seleksi Vertex. Di Front viewport, pilih beberpa titik di daerah leher. Gunakan Select and Uniform Scale sepanjang sumbu X, untuk memperluas posisi titik.
15. Ubah ke seleksi Polygon. Pilih poligon seperti gambar paling kiri bawah. Terapkan Inset (gambar tengah) dan pilih poligon sekitarnya yang dihasilkan dari Inset (gambar kanan).
16.Terapkan Extrude ke poligon yang dipilih. Kemudian, pada left viewport sesuaikan posisi titik berdasarkan cetak biru di belakang.
17. Ubah posisi titik seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.
18. Pada left viewport, pilih titik seperti gambar kiri bawah. Kemudian, dengan menggunakan Select and Uniform Scale tarik sepanjang sumbu X dekatkan ke titik tengah.
18. Pada left viewport, pilih titik seperti gambar kiri bawah. Kemudian, dengan menggunakan Select and Uniform Scale tarik sepanjang sumbu X dekatkan ke titik tengah.
0 komentar:
Posting Komentar