Senin, 12 Maret 2012

MODELING BODY GUNDAM FINAL PART

Mendetailkan bagian pinggang
32. Buat kotak kecil seperti gambar di bawah ini. Terapkan bahan transparan.  Konversi  menjadi Editable Poly. Aktifkan seleksi Vertex. Pada viewport Front, sesuaikan posisi vertex berdasarkan cetak biru di belakang.

 



33. Pilih dua titik di bagian bawah kotak. Pada Left viewport, pindahkan vertex yang di pilih.




34. Ubah ke seleksi Edge. Pilih 4 sudut sisi . Pada rollout Edit Edges, klik tombol Chamfer. Klik dan tarik ke sisi  yng dipilih untuk membuat sudut lebih halus.




35. Buat kotak lain. Pastikan di Front viewport kotak ini terlihat seperti persegi. gunakan proses yang sama seperti di atas, buat Chamfer di sudutnya. Kemudian ente perlu membuat silinder di Front viewport juga. konversikan silinder ini ke dalam Editable Poly. Aktifkan seleksi Vertex. di front viewport pilih setengah titik. Kemudian pindahkan titik yang dipilih ke kanan. Setelah selesai, matikan semua pilihan sub-objek.




36. Pindahkan silinder sampai  berpotongan dengan kotak (lihat gambar di bawah). Putar silinder. Pilih kotak. Pada Command Panel, pilih Compound Objects dari daftar drop-down. Klik tombol Boolean. Klik tombol Pilih Operan B. Kemudian, klik silinder  pada viewport. Anda akan mendapatkan hiasan bagus.




37. pindahkan kotak ke  posisinya, di depan kotak lainnya. Sedikit rotasi . Pilih kotak yang lebih besar, sekarang ke panel Modify. Pada rollout Edit Geometry, klik  tombol attach. Kemudian, klik kotak kecil untuk menggabungkan dua objek.






38. Untuk menutup paha di sisi tubuh, buat kotak lain. Modifikasi seperti sebelumnya, dan posisi itu berdasarkan cetak biru.






39. Sekarang, kita perlu memodifikasi kotak ini. Pergi ke seleksi Edge.  
A.Pilih semua sisi horisontal, gunakan connect dengan Segmen = 2. Kemudian pilih semua tepi vertikal, gunakan Connect untuk membuat satu tepi horisontal di tengah. Pindahkan tepi atas sedikitB. Pilih salah satu polygon di atas kotak.  
C.  Extrude.  
D. Pilih dua poligon di atas kotak.  
E.  Extrude lagi.  
F.Ulangi prosedur sebelumnya dengan bagian belakang kotak.



40. Aktifkan seleksi Vertex. Ubah posisi titik. Gunakan cetak biru di belakang untuk referensi.



41. Untuk menutup paha lain, Ente dapat memilih salah satu, dan menggunakan Mirror (tools> Mirror). Gunakan sumbu yang tepat. Modifikasi niliai Offset, dan pastikan untuk menggunakan copy sebagai metode Clone.




42. Gambar di bawah menunjukkan hasil selesai sejauh ini. Berikutnya, ente akan memberikan rincian terakhir.





Menambah hiasan di Tubuh gundam


43. Pertama, Ente akan membuat objek ransel. Buat kotak di Front viewport. Terapkan bahan transparan. Gunakan size and segments seperti gambar di bawah ini. Kemudian, konversi ke Editable Poly. Dalam left viewport, modifikasi titik  posisi seperti gambar di bawah.





4. Aktifkan seleksi Polygon. Putar lihat sampai ente dapat melihat objek ransel dengan jelas. 
A. Pilih empat polygon seperti gambar di bawah ini. Terapkan Extrude
B. Dalam left viewport, modifikasi  posisi. 
C. Pilih 4 poligon. 
D. Terapkan Inset
E. Terapkan Extrude dengan nilai negatif.




45. Selanjutnya, mari kita merinci lebih lanjut.
A. Pilih 2 poligon seperti gambar di bawah ini. Pastikan Ente pilih pada sisi kiri dan kanan. Terapkan Inset
B. Di  left viewport pindah posisi titik ke kiri untuk membuat  sedikit lebih dekat ke tengah. 
C. Pilih 2 poligon di ke kedua sisi kiri dan kanan. 
D. Terapkan Extrude
E. Pilih 4 tepi di sisi kiri dan kanan 
F. Terapkan Chamfer di sisi yang dipilih.






46. Berikutnya, ente akan membuat pedang laser. Buat silinder di Top viewport. Gunakan nilai seperti gambar di bawah ini. 
A. Convert to Editable Poly. Ubah posisi vertex 
B. Pilih poligon vertikal di atas. Gunakan Select and Uniform Scale  untuk mengubah ukurannya.  
C. Ulangi proses sebelumnya ke poligon di bagian bawah silinder. Kali ini buat lebih besar. 
D. Pilih semua sisi vertikal seperti gambar di bawah ini. Gunakan Connect with Segments= 2. sesuaikan nilai Pinch untuk membuat sisi  dekat dengan tepi horisontal lainnya. 
E. Pilih poligon di tengah sisi yang dibuat sebelumnya. Resize gunakan Select and Uniform Scale. Setelah selesai, matikan semua pilihan sub-objek.





47. Buat jadi  transparan ke objek pedang. Memutar dan posisi objek pedang di ransel. Undo dan modifikasi posisi vertex agar sesuai cetak biru di belakang jika diperlukan. Gunakan miror untuk membuat klon pedang lainnya.






48. Berikutnya, tambahkan nosel jet di ransel. buat obyek Tube (tersedia di obyek standart primitfe dan  values below).  bahan transparan. Convert to Editable Poly. Pilih semua titik yang di  atas  . Gunakan  Select and Uniform Scale untuk memperluas titik yang dipilih. Matikan semua pilihan sub-objek. putar dan posisi tabung di belakang ransel. Clone tabung dengan Shift + drag. Gunakan 
Copy for clone method.






49.dan yng terakhir. buat Emblem berbentuk V. Buat plane di Front viewport. Convert to Editable Poly. Aktifkan seleksi Vertex. Pilih semua titik di sebelah kiri. Di Edit Vertices, klik tombol Settings di sebelah kanan Weld. Dalam kotak dialog terbuka, tingkatkan Threshold Weld sampai  tiga titik di gabungkan menjadi satu. Ulangi dengan titik yang sibelah kanan. Pilih satu titik di tengah. Pada Top viewport, pindahkan ini vartex ini. Dan Akhirnya, matikan semua pilihan sub-objek. Posisi lambang ini di bagian bawah tubuh, seperti gambar di bawah






50. Langkah terakhir, Pilih objek tubuh utama. Pergi ke tab Modify. Pada rollout Edit Geometry, klik  Attach. Klik  ransel, pedang, untuk membuat  kombinasi dengan tubuh utama. Catatan: Semua objek penutup  paha harus tetap sebagai objek terpisah. Akhirnya, terapkan smooth di modiferlist jika perlu.






DDDDDDAAAAAAAAANNNNNNNNNN.........>!!!!!!!


INILAH BODY GUNDAM YANG TELAH ENTE-ENTE BUAT...!!!!




EEEEEENNNGIIIIIIIEEEEEEEENGGGGGG...!!

NOTE: bagi yng blum berhasil ulangi langkah di atas...

tangyu....

khi..khi.. :D

by didik wijaya
tranlate by rudolf fuad

www.tutorialshine.com




1 komentar: